PWMU.CO – Siswa SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik (Spemdalas) meraih juara matematika tingkat internasional. Apriandhika Zafran Yudianto alias Dhika berhasil meraih silver award pada Heat Round Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO). 

Kompetisi bergengsi pelajar dari berbagai negara ini telah terlaksana untuk babak heat round pada Sabtu, (9/10/2021). Selanjutnya, siswa yang sedang duduk di kelas VII Internastional Class Program (ICP) 2 ini akan bersaing kembali di babak final pada 22 April 2022 mendatang.

Ibunda Dhika, Dr Yuliana Arisanti SPOG bersyukur dan bangga atas prestasi gemilang putranya di tengah pandemi yang sedang melanda berbagai belahan dunia ini. 

“Alhamdulillah, insyaallah ini medali internasional yang kedua di kompetisi TIMO,” terangnya kepada PWMU.CO, Selasa (4/1/2022) malam.

Pelajar kelahiran Surabaya, 24 April 2009 ini berhasil melewati tantangan selama kompetisi berlangsung. Selain masalah jaringan atau web lomba yang kadang terkendala, ia juga dituntut mampu menyelesaikan soal dengan tingkat kesulitan tinggi. 

Tantangan Lima Topik

Pada ajang TIMO ini ada lima topik yang harus dikuasai dan dipersiapkan agar mampu melenggang dan kembali meraih medali di babak final nanti. Topik atau kompetensi yang dilombakan meliputi logical thinking, number theory, algebra, geometry, dan combinatoric.

“Saya kurang dalam hal geometry dan combinatoric. Mungkin itu yang harus diperbanyak latihannya,” ujar siswa yang pernah meraih gold award di Kangaroo Mathematics Contest (IKMC) 2020.

Bagi Dhika, kesempatan emas masuk ke babak final tiga bulan mendatang tidak akan disia-siakan begitu saja. Ia sudah mulai menambah jam belajarnya. 

“Untuk belajar materi sekolah biasanya malam hari usai shalat Isya. Sedangkan persipan final TIMO dilaksanakan secara online course  pukul 16.00 sepekan dua kali di sore hari,” terangnya.

Yuliana Arisanti berharap agar putranya itu dapat memperoleh hasil yang terbaik. “Semoga bisa mempersembahkan yg terbaik, berdoa dan berusaha semaksimal mungkin,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Spemdalas Fony Libristuti MSi menyampaikan rasa bangga dan mengapresiasi prestasi Dhika. “Alhamdulillah, siswa Spemdalas terus meningkatkan prestasinya khususnya di tingkat internasional. Suatu kebanggaan dan kebersyukuran tersendiri. Semoga terus bisa menginspirasi teman-teman lainnya,” ucapnya.

Sekolah, sambungnya, akan selalu men-support dalam pencapaian prestasi siswa dengan berbagai upaya pembinaan, motivasi dan memberikan apreasiasi. “Semoga sukses dan raih juara terbaiknya di final nanti,” katanya menyemangati.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *