Keutamaan Membaca Surat Az-Zukhruf

Halimah SPdI saat mendampingi siswa Spemdalas Al-Quran Day. Keutamaan Membaca Surat Az-Zukhruf. (Tangkapan layar Fidyah Izzul/PWMU.CO)

PWMU.CO – Keutamaan membaca Surat az-Zukhruf dapat menguatkan keyakinan tentang keutamaan berpegang teguh kepada al-Quran. Begitulah yang disampaikan Halimah SPdI dalam kegiatan Al-Quran Day Virtual yang digelar SMP Muhammadiyah 12 GKB (Spemdalas) secara virtual, Sabtu (23/1/2021).

Dimulai tepat pukul 07.30, kegiatan ini diikuti siswa kelas IX beserta ustadz dan ustadzah Spemdalas. Dengan diawali membaca doa, murajaah, dan dilanjutkan dengan tadarus.

Pada kesempatan ini para siswa yang dibimbing oleh Halimah bertadarus membaca surat az-Zukhruf. Setiap siswa membaca satu sampai dua ayat secara bergantian.

Saat dihubungi PWMU.CO melalui Whatsapp usai kegiatan, Halimah memberikan alasan mengapa memilih membaca surat az-Zukhruf.

“Alasan kami memilih surat tersebut di antaranya adalah menguatkan keyakinan, baik itu bagi ustad ustadzah maupun siswa, tentang keutamaan berpegang teguh kepada al-Quran,” terang Koordinator Tahfidh ini.

Pasalnya Surat az-Zukhruf ayat 2-5 menerangkan, al-Quran merupakan induk kitab yang memiliki kedudukan amat tinggi. Sebab al-Quran adalah sebenar-benarnya kitab dengan wahyu Ilahi dari Lauhul Mahfuzh.

“Tidak hanya itu. Surat tersebut juga mengandung hikmah yang dapat diambil. Surat az-Zukhruf memiliki arti yaitu perhiasan atau lambang dari harta benda. Di dalam surat tersebut juga menegaskan bahwa harta benda tidak dapat dijadikan tolak ukur tinggi rendahnya derajat seseorang, karena harta itu hanya perhiasan hidup di dunia, dan bukanlah kesenangan di akhirat,” terangnya.

Dia menjelaskan, perhiasan atau harta benda itu adalah amanah atau titipan Allah kepada kita dalam rangka memudahkan pengabdian kita kepada Allah.

“Oleh karena itu kita harus memperlakukannya sebagai amanah,” pesan dia.

Tips Istikamah Membaca Al-Quran

Menurut Halimah, kegiatan yang diadakan secara rutin ini menekankan pembiasaan siswa untuk istikamah membaca Al-Quran,

“Dengan kegiatan ini siswa mendapat binaan dan motivasi agar bacaan al-Quran semakin baik,” ujarnya

Pengajar Mata Pelajaran Al Quran Kelas VII ini memberi tips dan cara untuk istiqomah membaca Al Quran yaitu dengan membuat target khatam 30 juz. (*)

Penulis Fidyah Izzul. Editor Mohammad Nurfatoni.

Sumber: https://pwmu.co/175122/01/27/keutamaan-membaca-surat-az-zukhruf/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *